KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN Angakatan 2005 | Kurtekdik '05 Community : Ulul Fadly | Dwi Puspitasari | Devi Anjar | Wahyu Widyaningsih | Resti Dewi | Devi Ari | Satriyo Abdi Yudo| Ery Setyo | Dwi Pramono | Siti Astuti | Desi Widi | Miftahul ulum | Sigit Prasetyo | Suci Rokhani | Bentar Saputro | Ratih Anggita | Siti Nurwachidah | Bedzy Riasari | M.Sidiq | Khusnul Khoifah | Wahyu Budi L. | Dewi Indah Puspo | Okta Permata | Bambang Dwi | M.Q Zaman | Hermawan | AH. Tasmuri | Cahyo Adi | Aris Munandar | Akaat Hasjiandito | Joko Susanto | Titin Ernawati | Lilis Andriani | Wiji Suryani | Budiono | Eka Fitriana | Eka Fitriani | Yanuar Eska | Sri Susilowati | Anna Meriana | Ade Yusupa | Anindita Widya W| Miftachul Fauzy | Ari Suprihatin | M.Nur Huda | Adi Supriyadi | Nur Aeni W. | Didik Hartawan | M.Nur Saean | Herman Malinton | Nicky Secioria |

22 April 2008

ANALISIS MAKALAH DAN MEDIA KARYA ILMIAH MAHASISWA FIP

ANALISIS MAKALAH DAN MEDIA KARYA ILMIAH MAHASISWA FIP
Mata Kuliah : Seminar Teknologi Pendidikan
Dosen Pengampu : Haryono
Heri Tri Lukman
Oleh :
Dewi Indah P.W 1102405040



1.Judul : Pemanfaatan Macromedia Flash Sebagai Media Interaktif Untuk Mengoptimalkan Penyampaian Materi Pelajaran Bergambar
Penyaji :
Wahyu Budi Laksono (Kurtekdik)
Eka Fitriani ( Kurtekdik)
Hermawan ( Kurtekdik)
Komentar makalah :
Dari tujuan yang disampaikan tidak perlu menggunakan nomor karena hanya menjelaskan satu tujuan saja.
Komentar media :
Namun dalam presentasi anda ternyata penjelasan tujuannya yang banyak harusnya dijela Namun dalam presentasi anda ternyata penjelasan tujuannya yang banyak harusnya dijelaskan semuanya tiap point tidak hanya 1 point itu saja yang dijelaskan
Media yang digunakan adalah menggunakan flash sudah baik
Dalam penjelasan media yang pasti gugup terlihat anda rasakan

2.Judul : Pemanfaatan Media Televisi Dalam Membentuk Karakter Perilaku Positif Dan Meningkatkan Hasil Belajar
Penyaji :
Devi Anjar (Kurtekdik)
Aris Munandar (Kurtekdik)
Miftachul Fauzi Kurtekdik)
Komentar makalah :
Dalam penulisan judul terdapat tanda baca koma sehingga tidak sesuai.
Tidak dijelaskan bagaimana cara memanfaatkan televisi yang benar untuk membentuk perilaku positif dan meningkatkan hasil belajar anak.
Komentar media :
Media yang digunakan menarik perhatian audiens dan tulisannya dapat dilihat oleh semua audiens dalam ruangan.

3.Judul : Learning Styles Appropriate (LSA) Sebagai Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia 8-10 Tahun
Penyaji :
Gladys Dhiokita Maruti (Psikologi)
Nugrah Astriningtias (psikologi)
Qonita (psikologi)
Komentar makalah :
Penerapan Metode Learning Styles Appropriate (LSA) kurang penjelasannya pada proses pembelajaran ,dalam hal ini adalah pembelajaran Bahasa Inggris.
Komentar media :
Tulisan dan Font terlalu stile dan kecil untuk taraf persentasi dalam ruangan besar sehingga audiens yang duduk dibelakang kurang jelas untuk membaca.

4.Judul : Bernyanyi Untuk Alam Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Menjaga Lingkungan Pada Anak-Anak
Penyaji :
Hendra Syah (Psikologi)
Anon kurniawan (Psikologi)
Septyani Mufida (Psikologi)
Komentar makalah :
Latar belakang yang dipaparkan terlalu umum dan luas
Di dalam latar belakng tidak dijelaskan tentang perilaku anak-anak menjadikan pembaca karya tulis ini dan pendengar parsentasi kurang memahami maksudnya karena dalam pembahasan menjelaskan menjaga lingkungan pada anak-anak.
Komentar media :
Slide presentasi terlalu ramai dan warnanya terlalu kontras
Membuat audiens menjadi bosan dan tidak fokus pada isi yang disampaikan.

5.Judul : Pemanfaatan Blogger sebagai Sistem Pembelajaran On-Line
Penyaji :
Ery Setyo P (Kurtekdik)
Adi Supriadi (Kurtekdik)
Nur Aeni W (kurtekdik)
Komentar makalah :
Dalam perkuliahan sistem pembelajaran on-line berbasis blog sangat cocok diterapkan.
Dalam makalah yang dibuat ternyata Blog juga bisa merepotkan dosen di dalam kegiatan perkuliahan
Makalah yang dibuat oleh kelompok ini bahwa dalam kegiatan perkuliahan dapat disampaikan di dalam blog sehingga dosen yang penuh dengan ksibukan itu dapat memberikan materi di dalam blog untuk dijadikan materi pembelajaran

Komentar media :
Media yang digunakan cukup menarik akan tetapi dalam pembukaan terlalu banyak sehingga waktu yang digunakan dalam menjelaskan tidak cukup.
Font yang digunakan terlalu kecil sehingga audien yang duduk di belakang tidak jelas.

6.Judul : Aplikasi Macromedia Dremweaver Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Website
Penyaji :
Bentar Saputro
Siti Nurwachidah F.
Akaat Hasjiandito

Komentar makalah :
Kalimat yang digunakan sudah baik akan tetapi dalam penulisannya masih kurang tepat. Sebaiknya dalam penulisan perlu diperhatikan dan dibutuhkan ketelitian. Di dalam makalah yang anda tulis masih ada bahasa asing yang tidak dicetak miring meskipun sudah ada yang ditulis dengan benar.
Sistematika penulisan yang dibuat sudah baik dan urutannya sudah sesuai.
Permasalahan yang ditulis pada rumusan masalah sudah dijawab dengan tepat pada pembahasan.


Komentar media :
Media yang digunakan sudah bagus
Tulisan dalam slide jelas

7.Judul : Cooperatif Learning Sebagai Model Pembelajaran Alternatif Untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika
Penyaji :
Wahyu Widyaningsih (Kurtekdik)
Desi Widi Hardini (Kurtekdik)
Ari Suprihatin (Kyrtekdik)
Komentar makalah :
Poin-poin dari cooperatif Learning dan mata pelajaran yang dibahas (matematika) ada yang masih kurang
Tugas-tugas yang sulit dan yang sebaiknya diberikan pada yang pintar dan tidak membaginya kepada temannya yang lain
Masalah yang terjadi adalah bahwa siswa yang pintar akan semakin pintar, dan siswa yang bodoh maka akan semakin bodoh.
Komentar media :
Sangat menarik audien
Seharusnya anda mencari jurnal atau semacamnya yang menyatakan bahwa pelajaran matematika itu menakutkan bagi murid, bukan dengan kata-kata mungkin ataupun kira-kira.

8.Judul : Meningkatkan Harmonisasi Hubungan Orang Tua-Anak Bagi Semua Kalangan Melalui Home Schooling
Penyaji :
Indah Suci Lestari (PGTK)
Dzulifah (PGTK)
Khoirun Nisa (PGTK)
Komentar makalah :
Secara administratif penulisannya kurang karena tidak mencantumkan dan menguraikan kesimpulan
Komentar media :
Monoton sehingga kurang menarik perhatian audien

9.Judul : Evaluasi Penyelenggaraan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pendidikan Di Indonesia
Penyaji :
A.H Tasmuri (Kurtekdik)
Dwi Pramono (Kurtekdik)
Herman Malinton (Kurtekdik)
Komentar makalah :
Judul tidak sesuai dengan isi makalah
Banyak penulisan yang salah
Bahasa asing seharusnya dicetak miring, di dalam makalah tersebut masih ada bahasa asing yang dicetak biasa.
Pada bagian simpulan terlalu banyak padahal yang namanya simpulan hanya ringkasan yang sedikit tetapi dapat mewakili keseluruhan isi makalah
Penulisan daftar pustaka yang berasal dari internet masih salah seharusnya dituliskan penulisnya dan diambilnya atau di download tanggal berapa
Komentar media :
Antara background dan warna tulisan sudah selaras sehingga tulisan dapat terbaca dengan jelas
Pembuatan slide sudah bagus dan kreatif
Slide sederhana tetapi bermakna.

10.Judul : Pemanfaatan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Pendekatan Contectual Teaching And Learning (CTL) Pada Sekolah Menengah Pertama
Penyaji :
Isud Margaratna (Kurtekdik)
RestiDewi Wijayanti (Kurtekdik)
Nicky Secoria (Kurtekdik)
Komentar makalah :
judul yang digunakan terlalu panjang
Setiap metode pembelajaran pasti akan mengalami hambatan pada pemakaiannya. Dalam makalah anda senaiknya dijelaskan hambatan-hambatan apa yang akan terjadi saat menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan dijelaskan pula cara-cara pemecahan masalahnya.
Sistematika penulisan makalah sudah berurutan.
Komentar media :
sudah cukup menarik
Font size pada setiap slide sudah sesuai dan barisnya juga sesuai tidak terlalu banyak
Background slide sederhana dan tidak ramai sehingga kelihatan lebih nyaman dilihat
Kalimat yang digunakan pada slide sedikit tetapi bermakna
Warna background dan warna tulisan cocok sehingga tulisan dapat dibaca.

Tidak ada komentar: