KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN Angakatan 2005 | Kurtekdik '05 Community : Ulul Fadly | Dwi Puspitasari | Devi Anjar | Wahyu Widyaningsih | Resti Dewi | Devi Ari | Satriyo Abdi Yudo| Ery Setyo | Dwi Pramono | Siti Astuti | Desi Widi | Miftahul ulum | Sigit Prasetyo | Suci Rokhani | Bentar Saputro | Ratih Anggita | Siti Nurwachidah | Bedzy Riasari | M.Sidiq | Khusnul Khoifah | Wahyu Budi L. | Dewi Indah Puspo | Okta Permata | Bambang Dwi | M.Q Zaman | Hermawan | AH. Tasmuri | Cahyo Adi | Aris Munandar | Akaat Hasjiandito | Joko Susanto | Titin Ernawati | Lilis Andriani | Wiji Suryani | Budiono | Eka Fitriana | Eka Fitriani | Yanuar Eska | Sri Susilowati | Anna Meriana | Ade Yusupa | Anindita Widya W| Miftachul Fauzy | Ari Suprihatin | M.Nur Huda | Adi Supriyadi | Nur Aeni W. | Didik Hartawan | M.Nur Saean | Herman Malinton | Nicky Secioria |

17 April 2008

ANALISIS LKTM 2008




Nama : KHUSNUL KHOIFAH
1102405036
KURTEKDIK



LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA (LKTM) FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN 2008


Judul : Compact Disc of Autism Children Therapy
Penyaji : Dian Bayu Puspitasari (Psikologi)
Maristya Yoga Pratama (Psikologi)
Bima Adi Putra (Psikologi)
Komentar Karya Tulis :
Bagaimana bentuk dalam compact disc nya
Bagaimana tingkat keefektifitasan dalam kenyataaan (format CD)
Komentar Media : Menggunakan powerpoin kurang menberi penjelasan dalam bentuk compact disk sehingga kurang dimengerti.
Rangkuman : “Compact Disk of Autism Children Theraphy” Paket Panduan Terapi Anak Autis Bagi Orangtua memberikan kemudahan bagi para orang tua untuk menerapi anaknya yang autis tanpa harus pergi ke terapis dan orang tua dapat secara langsung mengamati perkembangan anaknya. Paket panduan terapi anak autis ini diberikan dalam bentuk compact disk, sehingga orangtua dapat mengkonsumsinya berulang- ulang. Paket panduan ini berisi tentang cara-cara terapi yang dapat dilakukan orang tua untuk menerapi anaknya dengan metode permainan, bernyanyi, visual, dan pretend play sehingga terapi ini dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
Judul : Bernyanyi Untuk Alam Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Menjaga Lingkungan Pada Anak-Anak
Penyaji : Hendra Syah (PLS)
Anon Kurniawan (PLS)
Septyani Mufida (PLS)
Komentar Karya Tulis :
Latar belakang terlalu berat bagi anak-anak untuk pembelajaran karena disini dibahas tentang kebakaran dan pencurian
Komentar Media :
Terlalu ramai dan warna terlalu kontras sehingga tulisan sulit dibaca.
Rangkuman :“Bernyanyi untuk Alam” merupkan suatu program yang berupaya untuk meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan pada anak-anak. Program “Bernyanyi untuk Alam” terdiri dari tiga tahap; tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi. Program “Bernyanyi untuk Alam” merupkan pengembangan dari teori tahapan perkembangan anak, teori perkembangan kognitif, teori belajar sosial dan teori psikolgogi musik.. Pelaksanaan program “Bernyanyi untuk Alam” dilakukan di sekolah. Guru berfungsi sebagai pendamping dan evaluator keberhasilan program.








Judul : Cams Program Upaya Untuk Meningkatkan Minat Membaca Anak Melalui Sastra
Penyaji :
Idaroyani (PGSD)
Nur Kholis Majid (PGSD)
Komentar Karya Tulis :
Bagian saran berkesan seperti tidak standart

Komentar Media : Antara warna background dan teks kontras

Rangkuman :-



Judul : Konsep Smart Card Game Upaya Untuk Meningkatkan Kecepatan Berhitung Dan Daya Ingat Pada Anak
Penyaji : Hidayah Romadhon (PGSD)
Komentar Karya Tulis :
Konsep keberhasilan metode ini semakin sering digunakan semakin baik proses pembelajaran denagn system menyenangkan.
Komentar Media : Terlalu sederhana jadi tidak terlalu menarik.
Rangkuman :Merupakan suatu model pembelajaran yang berisi permainan dengan menggunakan media berupa kartu.
Kelebihan dari model ini :Tidak memberikan tekanan ada siswa sehingga menghilangkan rasa takut Bisa dimainkan di mana saja, baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah (semakin sering bermain, semakin pintar)

Judul : Sistem Pembelajaran Online Berbasis Blog
Penyaji :
Nur Aeni W (KURTEKDIK)
Adi Supriyadi (KURTEKDIK)
Eri Setyo Pramudi (KURTEKDIK)
Komentar Karya Tulis :
Blog merepotkan dosen dalam pembelajaran
Kenapa harus menggunakan blog?
Komentar Media :
Untuk font terlalu kecil
Pembukaan terlalu panjang
Rangkuman : Sistem pembelajaran online yang memanfaatkan internet sebagai medianya mempunyai beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya adalah e-mail, Mailing List, File Transfer Protocol (FTP) dan World Wide Web (WWW). Dan salah satu contoh dari layanan internet adalah Blog yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran jarak jauh (online).


Judul : Cooperatif Learning Sebagai Pembelajaran Alternative Untuk Meningkatkan Motifasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika
Penyaji :
Wahyu widyaningsih (KURTEKDIK)
Desi Widi Hardini (KURTEKDIK)
Ari Suprihatin (KURTEKDIK)
Komentar Karya Tulis :
Masalah yang terjadi yang pintar makin pintar dan yang bodoh semakin bodoh, sehingga guru harus mengkondisikan.
Komentar Media : Penulisan konteksnya sangat bagus dan berurutan.
Rangkuman :
Pembelajaran matematika dengan cooperative learning dapat meningkatkan daya nalar dan daya pikir anak serta dapat mengurangi kegiatan menghafal. Anak dapat merasakan bahwa berpikir lebih baik dari pada menghafal sehingga mereka akan lebih termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar matematika. Coopertive learning yang meningkatkan hubungan kerjasama antar teman memacu anak untuk semakin maju dan bekerja keras dan hasil dari cooperative

Judul : Pemanfaatan Macromedia Flash Sebagai Media Interaktif Untuk Mengoptinalkan Penyampaian Materi Pelajaran Bergambar
Penyaji : Eka Fitiani (KURTEKDIK)
Hermawan (KURTEKDIK)
Wahyu BL (KURTEKDIK)
Komentar Karya Tulis : Dari tujuan tidak perlu adanya nomor jika yang dijelaskan hanya satu masalah
Komentar Media : Dalam penulisan di dalam powerpoint terlalu kecil dan warna yang di gunakan terlalu contras.
Rangkuman :-














Judul : Penanaman Nilai Moral Melalui PGTK
Penyaji : Sri Lestari Ningsih (PGTK)
Komentar Karya Tulis :
Kata pengantar atau latar belakang dalam imajinasi anak belum mempunyai kemampuan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran.
Komentar Media : Konsep yang digunakan dalam media terlalu sederhana.

Rangkuman : -


Judul : Evaluasi Penyelenggaraan Teknologi Inforamsi Dan Komunikasi di Pendidikan Indonesia
Penyaji :
Tasmuri (KURTEKDIK)
Dwi Pramono (KURTEKDIK)
Herman Malinton (KURTEKDIK)
Komentar Karya Tulis :
Judulnya harus diperbarui.
Tata tulis perlu diperhatikan
Tabel banyak yang hilang
Hanya menyajikan suatu evaluasi program didalamnya belum ada.
Komentar Media : Sudah cukup baik

Rangkuman :TIK telah menjadi salah satu batu fondasi penting dari pembangunan masyarakat modern. Semakin banyak Negara kini semakin menyadari bahwa pemahaman tentang TIK. Kondisi ideal yang diharapkan oleh Negara Indonesia dalam penyelenggaraan TIK adalah Tahap transforming dimana TIK telah menjadi katalis bagi perubahan pendidikan. TIK diaplikasikan ssecara penuh baik dalam proses pembelajaran intruksional purpose maupun untuk administrasi akademik (administrational purpose). Kebijakan yang harus diambil Negara Indonesia adalah bagaimana untuk menuju kondisi yang ideal, yaitu sampai pada tahapan Transformasi di dalam pengembangan TIK.


Judul : Inisiasi Dini Care sebagai Upaya Pemberdayaan Posyandu Menjadi Media Sosialisasi Program Inisiasi Dini Masyarakat

Penyaji : Diah Mesti (Psikologi)
Nur Rohmah (Psikologi)
Arita Rahmadhani (Psikologi)

Komentar Makalah : Dengan adanya posyandu, dapat mensosialisasikan program inisiasi dini denagn mudah.
Komentar Media : Di Indonesia kurang dalam mensosialisasikan system inisiasi dini kepada masyarakat.
Intisari : Inisiasi dini care adalah sebuah upaya sosialisasi program inisiasi dini kepada masyarakat melalui Posyandu di masing-masing daerah. Program inisiasi dini care ini digalakkan sebagai bagaian dari upaya menuju Indonesia sehat 2010. Hakekat Inisiasi DiniInisiasi Dini adalah perlakuan yang diberikan ibu untuk menyegerakan permulaan menyusui pada bayi, yaitu setengah sampai satu jam proses kelahiran.

Tidak ada komentar: