KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN Angakatan 2005 | Kurtekdik '05 Community : Ulul Fadly | Dwi Puspitasari | Devi Anjar | Wahyu Widyaningsih | Resti Dewi | Devi Ari | Satriyo Abdi Yudo| Ery Setyo | Dwi Pramono | Siti Astuti | Desi Widi | Miftahul ulum | Sigit Prasetyo | Suci Rokhani | Bentar Saputro | Ratih Anggita | Siti Nurwachidah | Bedzy Riasari | M.Sidiq | Khusnul Khoifah | Wahyu Budi L. | Dewi Indah Puspo | Okta Permata | Bambang Dwi | M.Q Zaman | Hermawan | AH. Tasmuri | Cahyo Adi | Aris Munandar | Akaat Hasjiandito | Joko Susanto | Titin Ernawati | Lilis Andriani | Wiji Suryani | Budiono | Eka Fitriana | Eka Fitriani | Yanuar Eska | Sri Susilowati | Anna Meriana | Ade Yusupa | Anindita Widya W| Miftachul Fauzy | Ari Suprihatin | M.Nur Huda | Adi Supriyadi | Nur Aeni W. | Didik Hartawan | M.Nur Saean | Herman Malinton | Nicky Secioria |

10 April 2008

ANALISIS LKTM 3 APRIL 2008 FIP




TUGAS INDIVIDU

ANALISIS LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN TAHUN 2008

Mata kuliah : Seminar Teknologi Pendidikan
Dosen pengampu : Heri Trilukman, S.Pd










Disusun oleh

DWI PUSPITASARI
1102405003

KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
2008






Setelah mengamati hasil LKTM yang di selenggarakan pada hari kamis tanggal
3 april 2008 dengan hasil analisis sebagai berikut :


Kelompok I dengan judul : Sistam Pembelajaran Online Berbasis Blog.
Penyaji : ENI. ADI, ERI
Komentar Makalah : Kenapa harus menggunakan blog?? Padahal Blog merepotkan dosen dalam hal perkuliahan, jika blog itu diknakan biaya akan sangat merugikan dan memekan waktu yang terbuang. (Bp. Lutfi )
Komentar Media : Untuk front terlalu kecil, bab pendahuluan terlalu banyak sehingga waktu tidak cukup.
Analisis : Sistem pembelajaran online yang memanfaatkan internet sebagai medianya mempunyai beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya adalah e-mail, Mailing List, File Transfer Protocol (FTP) dan World Wide Web (WWW). Dan salah satu contoh dari layanan internet adalah Blog yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran jarak jauh (online).




Kelompok II dengan judul : Pemanfaatan Media Flash sebagai Media Interaktif untuk Mengoptimalkan Penyampaian Meta Pelajaran Bergambar.
Penyaji : Eky, Wahyu, Hendrawan..
Komentar Makalah : Kenapa dalam Penyampaian Mata Pelajaran Bergambar harus menggunakan Flash? Apa dengan menggunakan media lain tidak bisa?
Komentar Media : Keterngan dalam konsep tersebut kurang atraktif dalam penyampaian kepada audiens.
Analisis : Pada mata pelajaran Bergambar menggunakan flash sangat dibutuhkan untuk mempermudah dalam penyampaian materi, karena dengan flash bisa mengekspesikan apa yang akan di sampaikan lagi pula dengan flash bisa menarik minat siswa untuk belajar flash.


Kelompok III dengan judul : Penanaman Nilai Moral Melalui PGTK.
Penyaji : Sri Lestari Ningsih dkk
Komentar Makalah : Pada kata pengantar atau layer belakang dalam imaginasi anak-anak belim mempunyai kemampuan untuk mengoptimalkan proses pembelajarannya.Dalam hal ini anak didik tertarik pada pembawaanya bukan pada tokohnya.
Komentar media : Konsep dalam penulisannya terlalu kecil dan kurang dapat terbaca.
Analisis : Penanaman moral dalam diri kita sangat perlu di tanamkan dalam usia sedini mungkin. Dalam pendidikan maupun dalam kemsyarakatan. Di Tk pembelajaran tentang pendidikan moral sangat di butuhkan untuk mendidik perilaku seoarang siswa untuk mencerminkan perilaku yang baik sampai dia dewasa.




Kelompok IV dengan judul : Bernyanyi Untuk Alam Sebagai Upaya Meningkatkan kesadaran Menjaga Lingkungan pada Anak-anak.
Penyaji : Hendrasyah dkk.
Komentar Makalah: Latar belakang terlalu berat bagi anak-anak untuk pembelajaran karena disini dibahas tentang kebakaran, pencurian dll.
Komentar Media : Di dalam penyajiannya dengan menggunakan powerpoint konsepnya terlalu rame dan warna yang digunakan terlalu contrast dalam setiap bab.
Analisis : “Bernyanyi untuk Alam” merupkan suatu program yang berupaya untuk meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan pada anak-anak. Program “Bernyanyi untuk Alam” terdiri dari tiga tahap; tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi. Program “Bernyanyi untuk Alam” merupkan pengembangan dari teori tahapan perkembangan anak, teori perkembangan kognitif, teori belajar sosial dan teori psikolgogi musik.. Pelaksanaan program “Bernyanyi untuk Alam” dilakukan di sekolah. Guru berfungsi sebagai pendamping dan evaluator keberhasilan program.




Kelompok V dengan judul : Learning Styles Apporropriate (LSA) sebagai Metode Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia 8-10 tahun.
Penyaji :
Komentar Media : Tulisan dan Front terlalu style dan kecil untuk taraf presentasi.
Komentar Makalah : Di dalam latar belakang banyak penjelasan yang seharusnya di masukkan dalam bab pembahasan.

Analisis : -


Kelompok VI dengan judul : Inisiasi Dini Care sebagai Upaya Pemberdayaan Posyandu Menjadi Media Sosialisasi Dini Masyarakat.
Penyaji : Diah Mesi, Nur Rosinah, Anita Rahmadani.
Komentar Makalah : Pembahasaan tidak perlu dicantumkan tentang pasal-pasal dan ayat-ayat dalam UU, seharusnya focus kepada inisiasi dini.
Komentar Media : Bahwa di Indonesia Posyandu kurang dalam mesosialkan sistem inisiasi dini kepada masyarakat bukan hanya melalui program ini, tetapi juga prigram lainnya dan juga terbatasnya posyandu.
Analisis : Inisiasi dini care adalah sebuah upaya sosialisasi program inisiasi dini kepada masyarakat melalui Posyandu di masing-masing daerah. Program inisiasi dini care ini digalakkan sebagai bagaian dari upaya menuju Indonesia sehat 2010. Hakekat Inisiasi DiniInisiasi Dini adalah perlakuan yang diberikan ibu untuk menyegerakan permulaan menyusui pada bayi, yaitu setengah sampai satu jam proses kelahiran.



Kelompok VII dengan judul : Cooperative Learning sebagai Model Pembelajaran Alternatif untuk Meningkatkan Motivasi belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika.
Penyaji : Desy, Haning, ari.
Komentar Makalah : Sangat baik sekali, Tetapi di sini hanya mengangkat permasalahan cooperative learning dalam pelajaran matematika factor hanya dari model cooperative learning dalam pembelajaran itu sendiri tidak ada.
Komentar Media : Penulisan konteksnya sangat bagus dan berurutan.
Analisis : Pembelajaran matematika dengan cooperative learning dapat meningkatkan daya nalar dan daya pikir anak serta dapat mengurangi kegiatan menghafal. Anak dapat merasakan bahwa berpikir lebih baik dari pada menghafal sehingga mereka akan lebih termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar matematika. Coopertive learning yang meningkatkan hubungan kerjasama antar teman memacu anak untuk semakin maju dan bekerja keras dan hasil dari cooperative learning akan membantu masyarakat untuk mendapatkan seorang yang bekerja keras dan dapat bekerja sama.


Kelompok VIII dengan judul : Compact Disk of Autism Children Therapy. Paket Panduan Terapi Anak Autia Bagi Orang Tua.
Penyaji : Dian Bayu. P dkk.
Komentar Makalah : Didalam makalah ini tinjauan pustaka kurang penyajian sehingga terkesan kurang dan tidak mudah dimengerti apa maksudnya.
Komentar Media : Memakai powerpoint, kurang memberi penjelasan dalam bentuk compact disk sehingga kurang dimengerti.
Analisis : “Compact Disk of Autism Children Theraphy” Paket Panduan Terapi Anak Autis Bagi Orangtua memberikan kemudahan bagi para orang tua untuk menerapi anaknya yang autis tanpa harus pergi ke terapis dan orang tua dapat secara langsung mengamati perkembangan anaknya. Paket panduan terapi anak autis ini diberikan dalam bentuk compact disk, sehingga orangtua dapat mengkonsumsinya berulang- ulang. Paket panduan ini berisi tentang cara-cara terapi yang dapat dilakukan orang tua untuk menerapi anaknya dengan metode permainan, bernyanyi, visual, dan pretend play sehingga terapi ini dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Berbeda bila orang tua pergi ke terapis karena selain biaya yang dikeluarkan mahal, waktu terapinya singkat, orangtua juga belum tentu dapat mengetahui perkembangan anaknya karena hanya diserahkan kepada terapis.


Kelompok IX : Evaluasi Penyelanggaraan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pendidikan di Indonesia.
Penyaji : Tasmuri, Dwi Pramono, Herman Malington.
Komentar Makalah : Hanya menyajikan suatu evaluasi program didalamnya belum ada.
Komentar Media : Judulnya harus diperbaharui, karya tulis untuk tulisan-tulisan asing harus digaris miring. Tabel-tabel yang ada dan huruf-hurufnya sering hilang belum lengkap penulisannya. Dan yang paling penting salah ketik dalam LKTM sebenarnya harus di minimalis

Analisis :TIK telah menjadi salah satu batu fondasi penting dari pembangunan masyarakat modern. Semakin banyak Negara kini semakin menyadari bahwa pemahaman tentang TIK. Kondisi ideal yang diharapkan oleh Negara Indonesia dalam penyelenggaraan TIK adalah Tahap transforming dimana TIK telah menjadi katalis bagi perubahan pendidikan. TIK diaplikasikan ssecara penuh baik dalam proses pembelajaran intruksional purpose maupun untuk administrasi akademik (administrational purpose). Kebijakan yang harus diambil Negara Indonesia adalah bagaimana untuk menuju kondisi yang ideal, yaitu sampai pada tahapan Transformasi di dalam pengembangan TIK.


Kelompok X : Konsep Smart Card Game Upaya untuk Meningkatkan Kecepatan Berhitung dan Daya Ingat pada Anak
Penyaji : Hidayah Romadhon (PGSD)
Komentar Makalah : Konsep keberhasilan metode ini semakin sering digunakan semakin baik proses pembelajaran dengan sistem menyenangkan.
Komentar Media : Desain dalam powerpont terlalu sederhana dalam penyampaian kepada audiens.
Analisis : Merupakan suatu model pembelajaran yang berisi permainan dengan menggunakan media berupa kartu.
Kelebihan dari model ini :Tidak memberikan tekanan ada siswa sehingga menghilangkan rasa takut Bisa dimainkan di mana saja, baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah (semakin sering bermain, semakin pintar)

Tidak ada komentar: