KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN Angakatan 2005 | Kurtekdik '05 Community : Ulul Fadly | Dwi Puspitasari | Devi Anjar | Wahyu Widyaningsih | Resti Dewi | Devi Ari | Satriyo Abdi Yudo| Ery Setyo | Dwi Pramono | Siti Astuti | Desi Widi | Miftahul ulum | Sigit Prasetyo | Suci Rokhani | Bentar Saputro | Ratih Anggita | Siti Nurwachidah | Bedzy Riasari | M.Sidiq | Khusnul Khoifah | Wahyu Budi L. | Dewi Indah Puspo | Okta Permata | Bambang Dwi | M.Q Zaman | Hermawan | AH. Tasmuri | Cahyo Adi | Aris Munandar | Akaat Hasjiandito | Joko Susanto | Titin Ernawati | Lilis Andriani | Wiji Suryani | Budiono | Eka Fitriana | Eka Fitriani | Yanuar Eska | Sri Susilowati | Anna Meriana | Ade Yusupa | Anindita Widya W| Miftachul Fauzy | Ari Suprihatin | M.Nur Huda | Adi Supriyadi | Nur Aeni W. | Didik Hartawan | M.Nur Saean | Herman Malinton | Nicky Secioria |

10 April 2008

ANALISIS LOMBA KARYA TULIS MAHASISWA

Oleh:
SATRIYO ABDI YUDO
1102405012

1.Judul : Televisi sebagai media pembelajaran untuk membentuk karakter perilaku positif dan meningkatkan hasil belajar.
Penyaji : 1. Aris Munandar (Kurtekdik)
2.Miftahul Fauzi (Kurtekdik)
3.Devi Anjar (Kurtekdik)
Komentar Makalah : Tidak menjelaskan bagaimana memanfaatkan televisi yang benar untuk membentuk perilaku yang positif dan meningkatkan hasil belajar para pengguna televisi.
Komentar Media : Tanda baca dalam penulisan kurang jelas dan terlalu sederhana.

2.Judul : Konsep Smart Card Game
Penyaji : Hidayat Romadhon, dkk (PGSD Semester 1)
Komentar Makalah : Konsep metode ini jika sering digunakan dalam pembelajaran hasilnya akan semakin baik, karena proses pembelajaran dengan sistem ini akan menyenangkan setiap individu dalam belajar.
Komentar Media : Media yang digunakan dalam presentasi terlalu sederhana sehingga kurang menarik perhatian audiens, mungkin perlu ditambah animasi-animasi atau suara.

3.Judul : Pemanfaatan Macromedia Flash sebagai Media Interaktif untuk Mengoptimalkan Penyampaian Materi Pelajaran Bergambar.
Penyaji : 1. Wahyu Budi Laksono (Kurtekdik)
2. Eka Fitriani (Kurtekdik)
3. Hermawan (Kurtekdik)
Komentar Makalah : Dari tujuan yang dipaparkan tidak perlu ada nomernya karena hanya menerangkan 1 tujuan saja.
Komentar Media : Sudah cukup menarik dan tulisan dapat dilihat semua peserta peserta dalam ruangan.

4.Judul : Penanaman Nilai Moral melalui Tokoh Bima dalam Pembelajaran
Penyaji : Sri Lestari Ningsih, dkk (PGTK)
Komentar Makalah : Dalam pembelajaran lewat wayang Bima sebagai tokoh yang baik ini, apakah anak-anak sudah mampu untuk mengaplikasikan proses pembelajarannya lewat tokoh tersebut? Padahal imajinasi anak belum sampai pada taraf itu. Jadi kurang cocok jika diterapkan untuk anak-anak TK.
Komentar Media : Media yang digunakan sudah cukup baik, karena selain menggunakan Slide Power Point, kelompok ini menggunakan media wayang dan melakonkannya.

5.Judul : Learning Styles Appropriate (LSA) sebagai Metode Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia 8 – 10 tahun.
Penyaji : Gladys, dkk (Psikologi)
Komentar Makalah : Pengaplikasian/Penerapan Metode Learning Styles Appropriate (LSA) kurang diterangkan lebih jelas pada proses pembelajarannya, dalam hal ini adalah pembelajaran Bahasa Inggris.
Komentar Media : Tulisan dan font terlalu style dan kecil untuk taraf presentasi dalam ruangan yang panjang, sehingga peserta yang duduk di belakang kurang jelas untuk membacanya.

6.Judul : Bernyanyi untuk Alam sebagai Upaya meningkatkan Kesadaran Menjaga Lingkungan pada Anak-Anak.
Penyaji : 1. Hendra Syah (Psikologi)
2.Anen Kurniawan (Psikologi)
3.Septiyani Mufida (Psikologi)
Komentar Makalah : - Latar belakang tidak menerangkan perilaku anak-anak, menjadikan pembaca karya tulis dan pendengar presentasi kurang memahami pembahasannya, karena dalam pembahasan menjelaskan menjaga lingkungan pada anak-anak.
- Latar belakang terlalu luas dan umum
Komentar Media : Slide presentasi terlalu ramai gambarnya dan warnanya terlalu banyak dan kontras, membuat peserta cepat bosan dan tidak fokus pada isi yang disampaikan.


7.Judul : Sistem Pembelajaran On – Line Berbasis Blog
Penyaji : 1. Adi Supriadi ( Kurtekdik)
2.Ery Setyo P. (Kurtekdik)
3.Nuraeni (Kurtekdik)
Komentar Makalah : Dalam perkuliahan, sistem pembelajaran ini kurang tepat menurut psikologi jika diterapkan pada semua jenjang pendidikan, karena menurut psikologi, perkembangan manusia ada tahap-tahapnya sehingga sistem pembelajaran On-Line berbasis Blog hanya cocok untuk anak-anak sekolah menengah ke atas.
Komentar Media : - Font yang digunakan terlalu kecil dan banyak sehingga tidak menjangkau semua peserta di dalam ruangan yang luas dan panjang.
- Pembukaan terlalu banyak sehingga waktu yang disediakan untuk presentasi menjadi tidak cukup.



8.Judul : Inisiasi Dini care Sebagai Upaya Pemberdayaan Posyandu menjadi Media Sosialisasi Dini Masyarakat.
Penyaji : 1. Dias Mesti (Psikologi)
2.Nur Rosimah (Psikologi)
3.Arita Rahmadani (Psikologi)
Komentar Makalah : Dalam pembahasan tidak fokus pada inisiasi dini saja karena mencantumkan pasal-pasal dan ayat-ayat yang seharusnya tidak perlu, sehingga mengurangi kejelasan dalam pembahasannya.
Komentar Media : Terlalu banyak Slide presentasi sehingga dalam menerangkan karya tulisnya tidak memfokus.

9.Judul : Korelasi Media Pembangun Anti Bullying di Sekolah
Penyaji : Mahasiswa Psikologi
Komentar Makalah : - Kata-kata dalam pembahasan tidak baku antara Bahasa Indonesia dan bahasa asing (kata serapan yang digunakan banyak yang salah)
- Konsep dari judul kurang cocok dengan pembahasannya.
Komentar Media : Terlalu monoton dan banyak slide sehingga kurang menarik.

10.Judul : Coms Program Upaya untuk Meningkatkan Minat Membaca
Penyaji : 1. Ida Royani (PGSD)
2. Nur Kholis Majid (PGSD)
Komentar Makalah : - Referensi penulisan salah
Rumusan masalah masih bersifat umum
Programe itu saja untuk umum mungkin kurang cocok dan belum tepat.
Bagian saran untuk pembaca kurang sesuai dengan isi makalah
Komentar Media : Antara background dan tekx warnanya terlalu kontras.
11.Judul : Cooperative Learning sebagai Model Pembelajaran Alternatif untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika
Penyaji : 1. Wahyu Widyaningsih ( Kurtekdik)
2.Desi Widi Hardini (Kurtekdik)
3.Ari Suprihatin (Kurtekdik)
Komentar Makalah : - Poin-poin dari Cooperative learning dan mata pelajaran yang dibahas (matematika ada yang kurang)
Penulisan kata ada yang salah
Komentar Media : Sudah cukup menarik untuk presentasi

12.Judul : Evaluasi Penyelenggaraan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan di Indonesia
Penyaji : 1. A.H. Tasmuri (Kurtekdik)
2.Dwi Pramono (Kurtekdik)
3.Herman Malinton (Kurtekdik)
Komentar Makalah : - Judul belum cocok untuk isi dan pembahasannya serta kurang tepat untuk Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM)
- Banyak penulisan yang salah
Komentar Media : Sudah cukup menarik

13.Judul : Meningkatkan Harmonisasi Hubungan Orang Tua – Anak Bagi semua kalangan melalui Home Scholing
Penyaji : 1. Indah Suci Lestari (PGTK)
2. Dzulifah (PGTK)
Komentar Makalah : Secara administratif penulisannya kurang, karena tidak mencantumkan dan menguraikan kesimpulan dalam makalah.
Komentar Media : Terlalu monoton, sehingga kurang menarik. Perlu adanya animasi-animasi untuk menarik perhatian peserta LKTM.

Tidak ada komentar: