KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN Angakatan 2005 | Kurtekdik '05 Community : Ulul Fadly | Dwi Puspitasari | Devi Anjar | Wahyu Widyaningsih | Resti Dewi | Devi Ari | Satriyo Abdi Yudo| Ery Setyo | Dwi Pramono | Siti Astuti | Desi Widi | Miftahul ulum | Sigit Prasetyo | Suci Rokhani | Bentar Saputro | Ratih Anggita | Siti Nurwachidah | Bedzy Riasari | M.Sidiq | Khusnul Khoifah | Wahyu Budi L. | Dewi Indah Puspo | Okta Permata | Bambang Dwi | M.Q Zaman | Hermawan | AH. Tasmuri | Cahyo Adi | Aris Munandar | Akaat Hasjiandito | Joko Susanto | Titin Ernawati | Lilis Andriani | Wiji Suryani | Budiono | Eka Fitriana | Eka Fitriani | Yanuar Eska | Sri Susilowati | Anna Meriana | Ade Yusupa | Anindita Widya W| Miftachul Fauzy | Ari Suprihatin | M.Nur Huda | Adi Supriyadi | Nur Aeni W. | Didik Hartawan | M.Nur Saean | Herman Malinton | Nicky Secioria |

09 April 2008

ANALISIS HASIL LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

OLEH SITI ASTUTI
Makalah 1
Judul : Transkeho Sebagai Pembelajaran Keaksaraan Fungsional
Penyusun : Adriana Dwi Astuti  Penyaji
Dewi Kapita Sari  Penyaji
Ahmad Aqil Aziz  Moderator
Komentar Media:
1. Pada slide 1 animasi tidak sesuai sebaiknya animasi pada saat tulisan muncul diurutkan tidak asal muncul saja. Pada slide yang muncul terlebih dahulu nama penyusun akan tetapi hanya satu nama saja setelah yang lain muncul nama yanng muncul pada awal tadi justru hilang. Apabila sebelumnya muncul semua tanpa ada animasi kemunculan tulisan justru tidak jadi masalah.
2. Pada slide 3 (permasalahan) animasi tulisan terlalu berlebihan yang akan membaca dibuat pusing. Sebaiknya untuk keperluan persentasi animasi yang digunakan cukup yang sederhana saja.
3. Pada slide 4 (tujuan) animasi juga terlalu berlebihan seperti pada slide 2.
4. Pada slide 6 (tinjauan pustaka) animasi gambar yang berputar pada slide mengganggu penampilan labih baik animasinya cukup di tempat saja tidak berputar.

5. Pada slide 10 apabila tulisan yang lain diberi custom animation maka semua juga diberi tanpa kecuali agar kehihatan sinkron.
6. Pada slide 14 barisnya terlalu banyak lebih baik antara simpulan dan saran dibuat slide sendiri-sendiri.

Komentar makalah:
1. Dalam rumusan masalah tidak perlu dituliskan tujuannya cukup permasalahannya saja karena sudah ada poin tersendiri untuk penulisan tujuan.
2. Makalahnya terlalu banyak sedangkan batas untuk penulisan makalah hanya 30 halaman saja.


Makalah 2
Judul : Compact Disk of Autism Children Therapy ( CDACT )Paket Panduan Terapi Anak Autis Bagi Orangtua

Penyusun : Dyan Bayu Puspitasari
Maristya Yoga Pratama
Bimma Adi Putra

Komentar Media:
1. Untu menjadikan slide persentasi labih menarik biasanya diberikan nada atau suara musik akan tetapi pemberian musik yang berlebihan akan menajadikan persentasi tidak lagi menarik justru akan menjadi terkesan ramai. Apabila ingin memberikan musik sebaiknya pada awal persentasi atau akhir persentasi saja, jika pemberian musik pada tiap slide dan musiknya berbeda-beda akan mengganggu persentasi yang mana suara orang yang menjelaskan akankalah dengan suara musik.
2. Yang perlu diperhatikan lagi adalah tentang banyak baris pada tiap slide persentasi jangan melebihi 10 baris karena kalau terlalu banyak baris maka tulisannya akan menjadi kecil dan saat ditampilkan akan tidak jelas.
Komentar Makalah:
1. Penulisan bahasa asing sudah ditulis dengan baik yaitu dicetak miring.
2. Bahasa yang digunakan dalam penulisan makalah sudah ilmiah.
3. Makalah yang dibuat masih kurang dalam pemberian teori-teori dan contohnya.


Makalah 3
Judul : Cooperative Learning Sebagai Model Pembelajaran Alternative Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika

Penyusun : Desi Widi Hardini  Penyaji
Wahyu Widyaninngsih  Penyaji
Ari Suprihatin  Moderator

Komentar Media:
1. Slide persentasinya sudah bagus
2. Antara background dan warna tulisan selaras sehingga tulisannya jelas.
3. Penjelasan yang dilakukan dengan gambar pada slide-slide persentasi akan menjadikan pembaca lebih jelas.
4. Sangat kreatif dalam pembuatan slide persentasi

Komentar Makalah:
1. Sebaiknya mencari jurnal yang berisikan bahwa matematika itu menakutkan bagi murid jangan kira-kira atau mungkin.
2. Dalam penulisan makalah alur berfikirnya sudah jelas.
3. Rumusan masalah sudah tegas dijawab dan dijelaskan pada pembahasan.
4. Masalah yang akan terjadi denagn menggunakan metode tersebut akan menjadikan siswa yang pintar menjadi makin pintar dan siswa yang bodoh menjadi makiin bodoh sehingga guru harus mengkondisikan, dan sebaiknnya di dalam makalah dituliskan tentang cara pengkondisian untuk guru dalam menghadapi masalah tersebut.

Makalah 4
Judul Makalah :Pemanfaatan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Siswa dalam Pembelajaran Bhs. Indonesia dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Sekolah Menengah Pertama

Penyusun :Isud Margaratna R.  Moderator
Resti Dewi Wijayanti  Penyaji
Nicky Secioria  Operator

Komentar Media:
1. Font size pada setiap slide sudah sesuai dan barisnya juga sesuai tidak terlalu banyak
2. Background slide sederhana dan tidak ramai sehingga kelihatan lebih nyaman dilihat.
3. Warna background dan warna tulisan cocok sehingga tulisan dapat dibaca.
4. Kalimat yang digunakan pada slide sedikit tetapi bermakna.

Komentar Makalah:
1. Setiap metode pembelajaran pasti akan mengalami hambatan pada pemakaiannya. Dalam makalah anda senaiknya dijelaskan hambatan-hambatan apa yang akan terjadi saat menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan dijelaskan pula cara-cara pemecahan masalahnya.
2. Sistematika penulisan makalah sudah berurutan.




Makalah 5
Judul Makalah : P3K Sebagai Model Pendidikan Anak dalam Keluarga Lintas Agama

Penyusun : Nur Cahyo  penyaji
Khirul Umam  penyaji
Mufani Jayanti  operator

Komentar Media:
1. Pada slide 2 (latar belakang) kelihatan membingungkan karena tanda panah tidak langsung menunjukkan pada kolom.
2. Pada slide 5 (tujuan) font size tidak sama dan animasi pada saat kata tujuan muncul terlalu berlebihan.
3. Perpaduan warna antar background dan warna tulisan sesuai sehingga saat slide ditampilkan tulisannya kelihatan.

Komentar makalah :
1. Dalam pengetikan sebaiknya lebih teliti lagi karena masih ada istilah asing yang tidak dicetak miring.
2. Makalah ini sebenarnya anda ingin mengenalkan islam akan tetapi yang lebih ditonjolkan justru mengenalkan Tuhan. Sebaiknya pembahasan menjawab apa yang ada pada rumusan masalah.
3. Pada halaman 11 dibandingkan dengan halaman 23, disana pada dua bab yang berbeda akan tetapi dituliskan sama.
4. Dalam judul dituliskan P3K akan tetapi dalam makalah tidak disebutkan istilah itu dan hanya disebutkan sekali saja.

Makalah 6
Judul :“Cams Programe” Upaya untuk meningkatkan minat membaca anak melalui sastra

Penyusun : Idaroyani  Penyaji
Nur Kholis Majid  Operator

Komentar Media:
1. Pada slide 2 (identitas penulis) antara background dan warna tulisan tidak sesuai sehingga tulisan menjadi tidak jelas dan kalihatan kabur.
2. Pada slide 4 (rumusan masalah, tujuan, manfaat) terlalu banyak baris sehingga tulisan menjadi kecil sehingga orang yang akan membaca sudah menjadi tidak tertarik.
3. Warna background dan warna tulisan tidak cocok sehingga menyebabkan tilisan sulit untuk dibaca.
4. Pada slide 6 background kelihatan kabur sehingga pada saat membaca jadi tidak jelas.
5. Pada bagian penutup sebaiknya ditul;iskan juga sarannya karena pada simpulan juga dituliskan.

Komentar Makalah:
1. Penulisan Referensi masih ada kesalahan.
2. Antar rumusan masalah dan tujuan tidak sesuai.








Makalah 7
Judul : Evaluasi Penyelenggaraan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Pendidikan Di Indonesia

Penyusun : AH Tasmuri  Penyaji
Dwi Pramono  Operator
Herman Malinton  Moderator

Komentar Media:
1. Pembuatan slide sudah bagus dan kreatif.
2. Antara background dan warna tulisan sudah selaras sehingga tulisan dapat terbaca dengan jelas.
3. Slide sederhana tetapi bermakna.

Komentar Makalah:
1. Judul masih kurang tepat terlalu luas dan susah untuk dimengerti.
2. Bahasa asing seharusnya dicetak miring, di dalam makalah tersebut masih ada bahasa asing yang dicetak biasa.
3. Bahasa yang digunakan kurang ilmiah.
4. Pada bagian simpulan terlalu banyak padahal yang namanya simpulan hanya ringkasan yang sedikit tetapi dapat mewakili keseluruhan isi makalah.
5. Penulisan daftar pustaka yang berasal dari internet masih salah seharusnya dituliskan penulisnya dan diambilnya atau di download tanggal berapa.





Makalah 8
Judul : Pemanfaatan Macromedia Flash Sebagai Media Interaktif Untuk Mengoptimalkan Penyampaian Materi Pelajaran Bergambar

Penyusun : Wahyu Budi L.  Penyaji
Hermawan Ardianto  Operator
Eka Fitriani  Moderator

Komentar Media:
1. Media yang digunakan sangat bagus dan menarik serta kreatif dalam membuatnya.
2. Contoh yang ditampilkan jelas untuk ditangkap sehingga orang akan tertarik menggunakan media tersebut.
3. Pada saat kembali ke home setelah membuka halaman seperti latar belakang dan yang lainnya terlalu lama munculnya menyebabkan kebosanan saat menungu munculnya slide home.

Komentar Makalah:
1. Penulisan tujuan tidak perlu ditulis angka satu (1) karena tidak ada nomer selanjutnya setelah angka satu sedangkan untuk menuliskan angka satu harus ada angka dua, tiga dan seterusnya.
2. Kalimat yang dituliskan pada halaman 17 tentang flash sama dengan kalimat yang ada pada halaman 18 sebaiknya tidak perlu ditulis kembali.
3. Untuk sistematika penulisan makalahnya sudah sesuai.




Makalah 9
Judul Makalah : Aplikasi Macromedia Dremweaver Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Website

Penyusun : Bentar Saputro  operator
Siti Nurwachidah F.  penyaji
Akaat Hasjiandito  penyaji

Komentar Media:
1. Media yang digunakan sudah bagus
2. Tulisan dalam slide jelas

Komentar makalah :
1. Kalimat yang digunakan sudah baik akan tetapi dalam penulisannya masih kurang tepat. Sebaiknya dalam penulisan perlu diperhatikan dan dibutuhkan ketelitian. Di dalam makalah yang anda tulis masih ada bahasa asing yang tidak dicetak miring meskipun sudah ada yang ditulis dengan benar.
2. Sistematika penulisan yang dibuat sudah baik dan urutannya sudah sesuai.
3. Permasalahan yang ditulis pada rumusan masalah sudah dijawab dengan tepat pada pembahasan.









Makalah 10
Judul : “Kuerelasi” Media Pembangun Perilaku Anti Bullying (kekerasan) Di Sekolah

Penyusun : Kuinnanti Husniah  Penyaji
Ferditania Esti Rahayu  Penyaji
Luluk Shoviana  Operator

Komentar Media:
1. Antara Background dan warna tulisan sudah sesuai sehingga tulisan kelihatan jelas.
2. Pada slide 3 gambar animasi yang digunakan cocok dengan bahasan kekerasan, itu akan menambah nilai plus pada tampilan.
3. Ada beberapa slide yang backgrounnya tidak sesuai dengan bahasan yaitu gambar makanan itu tidak cocok.

Komentar Makalah:
1. Penulisan daftar pustaka yang berasal dari internet masih salah sebaiknya dituliskan penulis dan tanggal diunduhnya.
2. Pembahasan sudah menjawab dari rumusan masalah yang dituliskan.
3. Penulisan makalahnya sudah baik dan bahasa yang digunakan mudah dimengerti.

Tidak ada komentar: