TUGAS INDIVIDU
ANALISIS LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN TAHUN 2008
Mata kuliah : Seminar Teknologi Pendidikan
Dosen pengampu : Heri Trilukman, S.P
Disusun oleh
Wiji Suryani
1102405062
KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
2008
LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA (LKTM) FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN PADA HARI KAMIS , 3 APRIL 2008
1. Judul : Cams Program Upaya Untuk Meningkatkan Minat Membaca Anak Melalui Sastra
Penyaji :
ü Idaroyani (PGSD)
ü Nur Kholis Majid (PGSD)
Komentar Karya Tulis :
ü Bagian saran berkesan seperti tidak standart
ü Rumusan masalah tentang Cams kurang jelas
ü Penulisan referensi salah
Komentar Media : Antara warna background dan teks kontras
Intisari :
Kelebihan cams programe yaitu mampu meningkatkan minat membaca anak. Manfaat cams program yaitu untuk meningkatkan kesadaran orang tua, guru, masyarakat dan pemerintah tentang pentingnya membaca bagi anak. Memberikan masukan pada ortu dan guru agar memahami bagaimana membina anak supaya berminat membaca. Memberi solusi yang tepat sesuai karakteristik anak untuk meningkatkan minat baca anak
2. Judul : Compact Disc of Autism Children Therapy
Penyaji :
ü Dian Bayu Puspitasari (Psikologi)
ü Maristya Yoga Pratama (Psikologi)
ü Bima Adi Putra (Psikologi)
Komentar Karya Tulis :
ü Bagaimana bentuk dalam compact disc nya
ü Bagaimana tingkat keefektifitasan dalam kenyataaan (format CD)
ü Kurang teori dan contoh dalam makalah
Komentar Media :
Menggunakan powerpoin kurang menberi penjelasan dalam bentuk compact disk sehingga kurang dimengerti.
Intisari : “Compact Disk of Autism Children Theraphy” Paket Panduan Terapi Anak Autis Bagi Orangtua memberikan kemudahan bagi para orang tua untuk menerapi anaknya yang autis tanpa harus pergi ke terapis dan orang tua dapat secara langsung mengamati perkembangan anaknya. Paket panduan terapi anak autis ini diberikan dalam bentuk compact disk, sehingga orangtua dapat mengkonsumsinya berulang- ulang. Paket panduan ini berisi tentang cara-cara terapi yang dapat dilakukan orang tua untuk menerapi anaknya dengan metode permainan, bernyanyi, visual, dan pretend play sehingga terapi ini dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Berbeda bila orang tua pergi ke terapis karena selain biaya yang dikeluarkan mahal, waktu terapinya singkat, orangtua juga belum tentu dapat mengetahui perkembangan anaknya karena hanya diserahkan kepada terapis.
3. Judul : Bernyanyi Untuk Alam Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Menjaga Lingkungan Pada Anak-Anak
Penyaji :
ü Hendra Syah (PLS)
ü Anon Kurniawan (PLS)
ü Septyani Mufida (PLS)
Komentar Karya Tulis :
Latar belakang terlalu berat bagi anak-anak untuk pembelajaran karena disini dibahas tentang kebakaran dan pencurian
Komentar Media :
Terlalu ramai dan warna terlalu kontras sehingga tulisan sulit dibaca.
Intisari :
“Bernyanyi untuk Alam” merupkan suatu program yang berupaya untuk meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan pada anak-anak. Program “Bernyanyi untuk Alam” terdiri dari tiga tahap; tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi. Program “Bernyanyi untuk Alam” merupkan pengembangan dari teori tahapan perkembangan anak, teori perkembangan kognitif, teori belajar sosial dan teori psikolgogi musik.. Pelaksanaan program “Bernyanyi untuk Alam” dilakukan di sekolah. Guru berfungsi sebagai pendamping dan evaluator keberhasilan program.
4. Judul : Konsep Smart Card Game Upaya Untuk Meningkatkan Kecepatan Berhitung Dan Daya Ingat Pada Anak
Penyaji :
Hidayah Romadhon (PGSD)
Komentar Karya Tulis :
Konsep keberhasilan metode ini semakin sering digunakan semakin baik proses pembelajaran denagn system menyenangkan.
Komentar Media : Terlalu sederhana jadi tidak terlalu menarik.
Intisari :
Merupakan suatu model pembelajaran yang berisi permainan dengan menggunakan media berupa kartu.
Kelebihan dari model ini :Tidak memberikan tekanan ada siswa sehingga menghilangkan rasa takut Bisa dimainkan di mana saja, baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah (semakin sering bermain, semakin pintar)
5. Judul : Sistem Pembelajaran Online Berbasis Blog
Penyaji :
ü Nur Aeni W (KURTEKDIK)
ü Adi Supriyadi (KURTEKDIK)
ü Eri Setyo Pramudi (KURTEKDIK)
Komentar Karya Tulis :
ü Blog merepotkan dosen dalam pembelajaran
ü Kenapa harus menggunakan blog?
ü Jika blog itu dikenakan biaya akan saangat merugikan.
Komentar Media :
ü Untuk font terlalu kecil
ü Pembukaan terlalu panjang
Intisari :
Sistem pembelajaran online yang memanfaatkan internet sebagai medianya mempunyai beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya adalah e-mail, Mailing List, File Transfer Protocol (FTP) dan World Wide Web (WWW). Dan salah satu contoh dari layanan internet adalah Blog yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran jarak jauh (online).
6. Judul : Cooperatif Learning Sebagai Pembelajaran Alternative Untuk Meningkatkan Motifasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika
Penyaji :
ü Wahyu widyaningsih (KURTEKDIK)
ü Desi Widi Hardini (KURTEKDIK)
ü Ari Suprihatin (KURTEKDIK)
Komentar Karya Tulis :
ü Masalah yang terjadi yang pintar makin pintar dan yang bodoh semakin bodoh, sehingga guru harus mengkondisikan.
ü Alur berfikir jelas
ü Program harus dalam BAB Pembahasan bukan pada latar belakang.
Komentar Media : Penulisan konteksnya sangat bagus dan berurutan.
Intisari :
Pembelajaran matematika dengan cooperative learning dapat meningkatkan daya nalar dan daya pikir anak serta dapat mengurangi kegiatan menghafal. Anak dapat merasakan bahwa berpikir lebih baik dari pada menghafal sehingga mereka akan lebih termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar matematika. Coopertive learning yang meningkatkan hubungan kerjasama antar teman memacu anak untuk semakin maju dan bekerja keras dan hasil dari cooperative learning akan membantu masyarakat untuk mendapatkan seorang yang bekerja keras dan dapat bekerja sama.
7. Judul : Penanaman Nilai Moral Melalui PGTK
Penyaji : Sri Lestari Ningsih (PGTK)
Komentar Karya Tulis :
ü Kata pengantar atau latar belakang dalam imajinasi anak belum mempunyai kemampuan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran.
ü Dalam hal ini anak didik tertarik pada pembawaannya bukan pada tokohnya.
Komentar Media : Terlalu sederhana
Intisari : Penanaman moral melalui PGTK sangat bagus karena penanamn tersebut bisa diberikan kepada anak-anak kecil dan bisa di berikan pengertian kepada orang tua anak-anak. Mereka bisa mensosialisasikan kepada anak mereka tersebut agar moral yang ditanamkan sejak dini bisa menjadi bekal mereka saat dewasa.
8. Judul : Pemanfaatan Macromedia Flash Sebagai Media Interaktif Untuk Mengoptinalkan Penyampaian Materi Pelajaran Bergambar
Penyaji :
ü Eka Fitiani (KURTEKDIK)
ü Wahyu BL (KURTEKDIK)
ü Hermawan (KURTEKDIK)
Komentar Karya Tulis :
ü Dari tujuan tidak perlu adanya nomor jika yang dijelaskan hanya satu masalah
ü Kenapa dalam analisis gambar harus menggunakan flash? Kenapa tidak menggunakan yang lain.
Komentar Media : Sudah sangat baik
Intisari :
Media flash dapat digunakan dalam penyampaian pelajaran bergambar karena melihat fungsinya yang efisisan dan efektif. Juga dalam penyampaian menggunakan media tersebut lebih terlihat menarik sehingga tidak membosankan menyampaikan suatu pesan.
9. Judul : Evaluasi Penyelenggaraan Teknologi Inforamsi Dan Komunikasi di Pendidikan Indonesia
Penyaji :
ü Tasmuri (KURTEKDIK)
ü Dwi Pramono (KURTEKDIK)
ü Herman Malinton (KURTEKDIK)
Komentar Karya Tulis :
ü Judulnya harus diperbarui.
ü Tata tulis perlu diperhatikan
ü Tabel banyak yang hilang
ü Hanya menyajikan suatu evaluasi program didalamnya belum ada.
ü Karya tulis tulisan asing harus digaris miring hurufnya.
ü Salah ketik dalam LKTM sebenarnya harus diminimalisir.
Komentar Media : Sudah cukup baik
Intisari :TIK telah menjadi salah satu batu fondasi penting dari pembangunan masyarakat modern. Semakin banyak Negara kini semakin menyadari bahwa pemahaman tentang TIK. Kondisi ideal yang diharapkan oleh Negara Indonesia dalam penyelenggaraan TIK adalah Tahap transforming dimana TIK telah menjadi katalis bagi perubahan pendidikan. TIK diaplikasikan ssecara penuh baik dalam proses pembelajaran intruksional purpose maupun untuk administrasi akademik (administrational purpose). Kebijakan yang harus diambil Negara Indonesia adalah bagaimana untuk menuju kondisi yang ideal, yaitu sampai pada tahapan Transformasi di dalam pengembangan TIK.
10. Judul : Inisiasi Dini Care sebagai Upaya Pemberdayaan Posyandu Menjadi Media Sosialisasi Program Inisiasi Dini Masyarakat
Penyaji :
ü Diah Mesti (Psikologi)
ü Nur Rohmah (Psikologi)
ü Arita Rahmadhani (Psikologi)
Komentar Makalah :
ü Dengan adanya posyandu, dapat mensosialisasikan program inisiasi dini denagn mudah
ü Pembangunan tudak perlu dicantumkan tentang pasal-pasal dan ayat-ayat, focus kepada inisiasi dini.
Komentar Media :
Di Indonesia kurang dalam mensosialisasikan system inisiasi dini kepada masyarakat.
Intisari : Inisiasi dini care adalah sebuah upaya sosialisasi program inisiasi dini kepada masyarakat melalui Posyandu di masing-masing daerah. Program inisiasi dini care ini digalakkan sebagai bagaian dari upaya menuju Indonesia sehat 2010. Hakekat Inisiasi DiniInisiasi Dini adalah perlakuan yang diberikan ibu untuk menyegerakan permulaan menyusui pada bayi, yaitu setengah sampai satu jam proses kelahiran.
10 April 2008
TUGAS ANALISIS LKTM FIP 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar