oleh :
M.Q Zaman
1102405044
Judul : Televisi sebagai media pembelajaran untuk membentuk karakter perilaku positif dan meningkatkan hasil belajar.
Penyaji : 1. Aris Munandar (Kurtekdik)
1.Miftahul Fauzi (Kurtekdik)
2.Devi Anjar (Kurtekdik)
Komentar Makalah : Tidak menjelaskan bagaimana memanfaatkan televisi yang benar untuk membentuk perilaku yang positif dan meningkatkan hasil belajar para pengguna televisi.
Komentar Media : Tanda baca dalam penulisan kurang jelas dan terlalu sederhana.
Judul : Konsep Smart Card Game
Penyaji : Hidayat Romadhon, dkk (PGSD Semester 1)
Komentar Makalah : Konsep metode ini jika sering digunakan dalam pembelajaran hasilnya akan semakin baik, karena proses pembelajaran dengan sistem ini akan menyenangkan setiap individu dalam belajar.
Komentar Media : Media yang digunakan dalam presentasi terlalu sederhana sehingga kurang menarik perhatian audiens, mungkin perlu ditambah animasi-animasi atau suara.
Judul : Pemanfaatan Macromedia Flash sebagai Media Interaktif untuk Mengoptimalkan Penyampaian Materi Pelajaran Bergambar.
Penyaji : 1. Wahyu Budi Laksono (Kurtekdik)
2. Eka Fitriani (Kurtekdik)
3. Hermawan (Kurtekdik)
Komentar Makalah : Dari tujuan yang dipaparkan tidak perlu ada nomernya karena hanya menerangkan 1 tujuan saja.
Komentar Media : Sudah cukup menarik dan tulisan dapat dilihat semua peserta peserta dalam ruangan.
Judul : Penanaman Nilai Moral melalui Tokoh Bima dalam Pembelajaran
Penyaji : Sri Lestari Ningsih, dkk (PGTK)
Komentar Makalah : Pembelajaran dengan mencontohkan tokoh bima ini sebagai pembelajaran moral, apakah anak sudah bisa mencerna?. Karenamengingat kemampuan berpikir anak TK belum sampai pada taraf berpikir abstrak. Jadi kurang cocok menggunakan pencontohan tokoh bima dalam pembelajaran anak TK
Komentar Media : Media yang digunakan sudah cukup baik, karena selain menggunakan Slide Power Point, kelompok ini juga menggunakan wayang sebagai media dan memperagakannya
Judul : Learning Styles Appropriate (LSA) sebagai Metode Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia 8 – 10 tahun.
Penyaji : Gladys, dkk (Psikologi)
Komentar Makalah : Penejelasan mengenai proses pengaplikasian metode LSA dalam pembelajaran bahasa inggris masih kurang jelas.
Komentar Media : penggunaan tulisan dan font terlalu style dan kecil untuk lingkup presentasi dalam ruangan yang panjang, sehingga peserta yang duduk di belakang kurang jelas untuk membacanya.
Judul : Bernyanyi untuk Alam sebagai Upaya meningkatkan Kesadaran Menjaga Lingkungan pada Anak-Anak.
Penyaji : 1. Hendra Syah (Psikologi)
2.Anen Kurniawan (Psikologi)
3.Septiyani Mufida (Psikologi)
Komentar Makalah : - dalam latar belakang tidak diterangkan perilaku anak-anak, sehingga pembaca karya tulis dan pendengar presentasi kurang memahami pembahasannya, karena dalam pembahasan menjelaskan menjaga lingkungan pada anak-anak.
- Latar belakang terlalu luas dan umum
Komentar Media : Slide presentasi terlalu ramai gambarnya dan warnanya terlalu banyak dan kontras, membuat peserta tidak fokus pada isi yang disampaikan.
Judul : Sistem Pembelajaran On – Line Berbasis Blog
Penyaji : 1. Adi Supriadi ( Kurtekdik)
2.Ery Setyo P. (Kurtekdik)
3.Nuraeni (Kurtekdik)
Komentar Makalah : Menurut pandangan psikologi sistem pembelajaran on-line berbasis blog kurang tepat jika diterapkan pada semua jenjang pendidikan, karena secara psikologi, perkembangan psikologi manusia ada tahap-tahapnya sehingga sistem pembelajaran On-Line berbasis Blog hanya cocok untuk anak-anak sekolah menengah ke atas.
Komentar Media : Font yang digunakan terlalu kecil dan banyak sehingga tidak menjangkau semua peserta di dalam ruangan yang luas dan panjang.
Judul : Inisiasi Dini care Sebagai Upaya Pemberdayaan Posyandu menjadi Media Sosialisasi Dini Masyarakat.
Penyaji : 1. Dias Mesti (Psikologi)
2.Nur Rosimah (Psikologi)
3.Arita Rahmadani (Psikologi)
Komentar Makalah : Dalam pembahasan tidak fokus pada inisiasi dini saja karena mencantumkan pasal-pasal dan ayat-ayat yang seharusnya tidak perlu, sehingga mengurangi kejelasan mengenaininisiasi dalam pembahasannya.
Komentar Media : Terlalu banyak Slide presentasi sehingga dalam menerangkan karya tulisnya tidak fokus.pada masalah yang dibahas.
Judul : Korelasi Media Pembangun Anti Bullying di Sekolah
Penyaji : Mahasiswa Psikologi
Komentar Makalah : - Banyak kata dalam pembahasan tidak baku antara Bahasa Indonesia dan bahasa asing. Banyak kesalahan pada penggunaan kata serapan bahsa asing.
- Konsep dari judul kurang cocok dengan pembahasannya.
Komentar Media : Terlalu monoton dan banyak slide sehingga kurang menarik.
Judul : Cooperative Learning sebagai Model Pembelajaran Alternatif untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika
Penyaji : 1. Wahyu Widyaningsih ( Kurtekdik)
2.Desi Widi Hardini (Kurtekdik)
3.Ari Suprihatin (Kurtekdik)
Komentar Makalah : - Poin-poin dari Cooperative learning dan mata pelajaran yang dibahas ada yang kurang
Penulisan kata ada yang salah
Komentar Media : Sudah cukup menarik untuk presentasi
10 April 2008
ANALISIS LOMBA KARYA TULIS MAHASISWA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar